Rabu, 13 Maret 2013

Belajar PHP | Objek dan Class Pada OOP PHP

Belajar PHP berbasis OOP (Object Oriented Programming) dikenal istilah Class (kelas) yang merupakan blueprint dari suatu objek. Class (Kelas) digunakan untuk mengelompokkan komponen-komponen dengan kriteria tertentu yang hampir sama dimiliki semua anggota kelas.

Dalam belajar PHP berbasisi OOP sebuah class dapat berisi variabel dan function, variabel yang berada didalam class dinamakan property dan function didalam class dinamakan method. Class adalah tulisan kode program class yang ditulis programmer sedangkan objek adalah class yang telah dieksekusi dan dijalankan menjadi program komputer yang sudah siap digunakan. Kita bisa melihat bentuk dari class sebagai file yang berisi kode program, namun kita tidak bisa melihat bentuk dari objek karena objek akan bisa kita lihat ketika program dijalankan dalam proses mengeksekusi program berorientasi objek. Jadi kesimpulannya jika masih berupa kode program disebut Class, setealah program diruntime/dijalankan adalah objek.

Struktur membuat class pada PHP :
<?php
class <nama kelas>{
var <nama variabel>;
...
...
..
}
?>
Dapat kita bayangkan misalkan kita punya objek 'Mahasiswa' maka informasi yang melekat pada mahasiswa bisa kita gunakan sebagai variabel/property diantaranya : nim, nama, alamat, fakultas, jurusan dll. Belajar PHP berbasis OOP harus paham betul ketika ketika membuat program lalu menganalisanya/membaginya kedalam objek-objek.

1 komentar:

  1. mantap gan visit back yaw ke SINI ditunggu mapir n komenya y,,

    BalasHapus